Senin, 09 Maret 2009

Apa sih "Gereja Orthodox" itu?



















Selamat datang, para pembaca yang saya kasihi....

Blog ini saya dedikasikan bagi Tuhan, juga kepada anda semua pembaca yang ingin mengenal dan menelusuri atau bahkan mengetahui apakah Gereja Orthodox itu. Saya mohon pembaca untuk senantiasa mengingatkan saya agar saya tetap bijaksana dalam mengabarkan kasih Kristus tanpa memihak atau membenarkan diri, namun dengan tulus menyatakan kebenaran akan Gereja Yang Satu, Apostolik dan Universal ini, yang adalah Tubuh Kristus itu.







Saya mengerti, mungkin beberapa dari kita ada yang belum pernah mendengar istilah 'Orthodox' atau 'Gereja Orthodox' seperti halnya saya dahulu, yang memang tidak begitu terbiasa dengan istilah tersebut.

Baik, kalau begitu ada baiknya, saya membagikan apa artinya kata atau istilah orthodox itu: Kata ini berasal dari bahasa Yunani, ortho:berarti benar, sejati atau lurus dan doxa berarti ajaran atau jalan. Jadi secara harafiah orthodox berarti jalan atau ajaran yang lurus atau benar.

Nah, setelah tahu apa artinya orthodox, sekarang tentang gereja Orthodox:

Segera setelah kebangkitan Tuhan Yesus Kristus, para rasul dan jemaat mula-mula mengabarkan kabar Injil ke berbagai pelosok negeri di sekitar Yerusalem dan tanah kekuasaan Romawi (Yunani, Mediterania, Roma). Dalam perkembangannya yang cukup pesat terbentukalah daerah-daerah yang menjadi lokasi kunci Kekristenan: Yerusalem, Antiokia, Roma, Aleksandria(Mesir) dan Konstantinopel. Pada tahun 1054, gereja Roma berpisah dengan Gereja yang Satu ini dan 500 tahun kemudian gerakan Protestan memisahkan diri dari gereja Roma. Namun masih ada gereja yang awal yang masih bertahan dan bersatu dibawah Iman yang Apostolik (Rasuli) sejak abad pertama dan belum berubah. Itulah gereja Orthodox.



(to be continued)
Gereja Orthodox bisa anda jumpai juga di Indonesia (Gereja Orthodox Indonesia) dan bisa anda jangkau!, saya akan sangat senang menyambut pertanyaan anda:
Yudi (e-mail yudievo@yahoo.com, blog: yudikris.blogspot.com).

6 komentar:

  1. salom aleykhem. salam kenal dari Constantinus di Surabaya

    BalasHapus
  2. Yudi, blognya terus diupdate ya... link ke website PPIR boleh ya?? Thanks

    BalasHapus
  3. ortodox masuk ke indonesia kenapa tidak dibawah naungan gereja katolik roma padahal banyak persamaan antara keduanya terutama dalam sakramen ortodok sudah diakui gereja roma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini karena ada skisma besar yg memisahkan gereja dulu.
      Gereja Timur (yunani) berpisah dengan gereja barat(latin)

      Hapus